Kamis, 17 Maret 2011

membangun program


  • Mendefinisikan Masalah
Pada langkah ini masalah akan ditentukan terlebih dahulu, kemudian
apa saja yang harus dipecahkan dengan komputer. Kemudian
ditentukan masukan dan keluarannya.

  • Menentukan Solusi
Setelah masalah didefiniskan dengan jelas,
masukan apa diberikan sudah jelas,
keluaran apa yang diinginkan juga sudah jelas,
jalan selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan.
Apabila masalahnya terlalu komplek,
biasanya harus membaginya kedalam beberapa modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.

  • Memilih Algoritma
Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemrograman
komputer, karena pemilihan algoritma yang salah akan menyebabkan
program memiliki unjuk kerja yang kurang baik. Algoritma dapat disajikan
dalam bentuk kata-kata (english structure – Indonesia), Pesoudocode dan
Flowchart(bagan)

  • Menulis Program
Pada langkah ini, akan dimulai penulisan kode program untuk
memecahkan masalah. Agar komputer dapat memahami program yang
disusun dengan suatu bahasa pemrograman, maka dibutuhkan suatu
penterjemah, yaitu interpreter atau compiler

1. Interpreter
Interpreter berasal dari kata to interpret yang berarti menerjemahkan atau
mengartikan. Interpreter merupakan penterjemah bahasa pemrograman
yang menerjemahkan instruksi demi instruksi pada saat eksekusi
program. Pada saat menerjemahkan, jika ditemukan kesalahan maka
interpreter akan menampilkan pesan kesalahan dan proses eksekusi
program akan langsung terhenti pada saat itu juga.

2. Compiler
compiler dari kata to compile yang berarti menyusun, mengumpulkan
atau menghimpun. Compiler merupakan penerjemah bahasa
pemrograman yang menerjemahkan instruksi-instruksi dalam satu
kesatuan modul ke dalam bahasa mesin (obyek program). Dan
mengalami proses linking yang berfungsi untuk menggabungkan modul-
modul tersebut dengan modul lain yang berkaitan, sehingga akan
dihasilkan suatu file executable yang akan dieksekusi oleh komputer.

  • Menguji Program (Testing dan Debuging)
Testing dan debuging mempunyai tujuan yang sama yaitu menghasilkan
program yang benar.
Testing adalah proses mengeksekusi program secara intensif untuk
menemukan kesalahan.
Debuging adalah saat menemukan kesalahan sampai kesalahan itu
diperbaiki sehingga tidak ada kesalahan lagi.

  • Menulis Dokumentasi
Contoh dokumentasi sederhana adalah dengan menuliskan setiap baris
program atau setiap beberapa baris program, dengan ditambahkan
komentar yang menjelaskan dari suatu pernyataan.

  • Merawat Program
Langkah ini dilakukan setelah program selesai dibuat dan sudah
digunakan oleh pengguna. Hal yang paling sering terjadi disini adalah
munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin
pengguna ingin tambahan suatu fasilitas baru.
Jadi pemeliharaan program berarti melakukan koreksi,
adaptasi dan melengkapi fasilitas guna mengantisipasi kebutuhan masa depan.

0 comments:

Posting Komentar

followers

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com